Harga Tiket dan Fasilitas Wisata Jogja Taman Sari

Wisata Jogja Taman Sari menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta terbaik di tahun 2020. Taman Sari Jogja ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata pada saat Anda dan juga keluarga sedang berada di Kota Yogyakarta ini. Wisata Taman Sari ini dekat dengan Kraton Jogja. Sehingga jika Anda pas berada di Kraton, bisa langsung sekalina mampir ke Taman Sari.

Sejarah Taman Sari Yogyakarta

Dalam sejarah Taman Sari ini masih menyisakan nilai kesultanan serta sejarah yang sangat menarik untuk selalu kita pelajari. Bangunan-bangunannya tidak lepas dari sejarah dari Karatin Ngayogyakarta Hadiningrat. Yang beberapa area dan bangunannya dulu selalu dimanfaatka oleh Raja dan keluarga raja. Taman Sari ini selalu mengiringi perjalanan sejarah Kraton Jogja.

Dahulu, pada masa Kerajaan Jogja, Wisata Jogja Taman Sari ini yang dulunya merupakan taman istana tempat di mana sang raja dan para keluarga bercengkerama. Adapun bangunan-bangunan yang ada di taman ini selain memiliki nilai historikal yang kuat, ternyata memang cukup menarik sebagai tempat hunting foto.

Mitos Taman Sari Jogja

Wisata Taman Sari ini mempunyai cerita atau mitos yang berkembang di masyarakat. Dibalik keindahan dan sejarah Taman Sari. Ada mitos misalnya seperti Lorong yang yang konon katanya bisa tembus sampai ke pantai selatan.

Terdapat dua lorong bawah tanah di kawasan Taman Sari ini, yang pertama bernama Urung-urung (lorong) Timur Serta Urung-urung Sumur Gumuling.

Adapun Lorong timur ini mempunyai panjang hingga 45 meter yang menghubungkan Pulo Panembung dan Pulo Kenanga. Sedangkan lorong Sumur Gumuling mempunyai panjang hingga 39 meter, pada bagian yang hampir mencapai ujung lorong, terdapat mata air bernama Sumur Gumuling, yang dikelilingi lima anak tangga. Tepat di atas mata air ini adalah masjid bawah tanah.

Namun sebetulnya, Lorong Sumur Gumuling disebut lebih panjang lagi ke arah barat. Namun karena runtuh, bangunan tersebut dipugar pada tahun 1972 dan ditutup hingga tersisa 39 meter. Sebelum dipugar, konon kabar yang beredar secara turun-temurun di kampung tersebut, menyebutkan bahwa ujung lorong ini dapat tembus hingga ke pantai laut selatan.

Ada yang mengatakan bahwa sumur gumuling ini salah satu tempat pertemuan antara Sultan Yogjakarta dengan Ratu Pantai Selatan. Menurut salah seorang pengawas yang ada di sana, mamang Sri Sultan Hamengkubuwono I sengaja membangun kraton tembus antara Gunung merapi dan Pantai selatan.

Lokasi dan Alamat Taman Sari Jogja

Lokasi wisata Taman Sari Jogja ini berada di kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton. Secara toponim nama Taman Sari konon berasal dari nama Pesanggrahan Taman Sari.

Kampung wisata Taman Sari disebut sangat strategis, karena lokasinya berada di kawasan Obyek Wisata Tamansari (Water Castle) dan diantara kawasan besar Kraton Kasultanan Yogyakarta.

Oleh karena itu, keberadaan kampung wisata Taman Sari ini memang mempunyai beberapa fungsi sebagai penyangga kawasan Obyek Wisata Taman sari dan juga Kraton Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Untuk tiket masuk di wisata Taman Sari Jogja ini untuk wisata lokal sekitar Rp 5.000. Untuk wisatawan mancanegara kisaran Rp. 12.000. Ada tambahan Rp. 2000 jika para wisatawan membawa kamera profesional.

Untuk tarif parkir di sana Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 5000 untuk mobil. Untuk bus, bisa langsung parkir di lokasi Ngabean. Harga tiket masuk dan lainnya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan wisata. Kawasan Wisata Taman Sari ini dibuka setiap hari, mulai dari jam 09.00 hingga jam 15.00 WIB.

Fasilitas di Taman Sari Yogyakarta

Beberapa fasilitas yang ada di Wisata Jogja Taman Sari ini adalah:

  • Toilet Umum
  • Mushola
  • Tempat Parkir
  • Gazebo
  • Warung Makan
  • Porter Sepeda

Itulah beberapa hal mengenai wisata Taman Sari Jogja mulai dari sejarah, lokasi, harga tiket dan beberapa fasilitas di dalamnya. Anda bisa bepergian ke paket wisata Jogja ini hanya di sewa mobil Jogja Wicandra Group.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *