Sejarah Unik Wisata Jogja Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi setelah pandemi berakhir. Bagaimana tidak, wisata yang terletak di Yogyakarta ini patut diancungi jempol karena pemandangan alamnya yang menarik dan mampu memanjakan mata Anda dari kejenuhan metropolitan. Selain itu, pantai yang dijuluki sebagai Pantai Selatan ini seringkali dijadikan tempat untuk mengadakan upacara adat bagi masyarakat setempat.

Hal ini tentu sangat menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan udara segar sekaligus menyaksikan langsung keragaman budaya khususnya di daerah Yogyakarta. Namun, sebelum Anda berkunjung ke Pantai Selatan terdapat beberapa fakta unik yang wajib Anda ketahui. Berikut ulasannya.

Sejarah unik Pantai Selatan

Berbicara mengenai sejarah pastinya tak jauh dari asal-usul terbentuknya Pantai Selatan. Tentunya sebagian dari Anda begitu penasaran, bagaimana bisa pantai seindah ini bisa terbentuk? Salah satu sumber sejarah mengatakan bahwa Pantai Selatan ditemukan oleh salah satu keluarga Kerajaan Majapahit yakni Ki Dipokusumo.

Ki Dipokusumo yang sedang melakukan pelarian akhirnya bersemedi di kawasan sekitar pantai. Sesaat pada saat Ki Dipokusumo sedang bersemedi, timbul suara air yang menetes. Setelah dicari-cari dari mana sumber air menetes itu berasal, maka Ki Dipokusumo menemukan sebuah parang atau batu karang yang meneteskan air. Dari sinilah kata Pantai Parangtritis bermula.

·         Wisata Penuh Fenomena

Pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik ini tidak hanya menyuguhkan berbagai macam latar pemAndangan alam yang menarik. Di balik itu semua terdapat pula beberapa fenomena alam yang hanya Anda temui di Yogyakarta, tepatnya di Pantai Selatan.

Salah satu fenomena tersebut ialah gumuk pasir. Masyarakat lokal sering menyebutnya dengan nama gumuk pantai. Hal ini dikarenakan guratan-guratan yang diciptakan mirip seperti yang ada di gurun, tetapi kali ini terletak di pantai. Bahkan fenomena unik ini seringkali mendatangkan para peneliti baik dari domestik maupun asing.

·         Mitos & Misteri Pantai Parangtritis

Wisata eksotis dan berbagai fenomena unik tidak cukup Anda dapatkan di Pantai Paragtritis. Bahkan pantai ini juga dikenal dengan beberapa mitos sampai wisata ghaib yang seringkali pengunjung alami. Tentunya Anda tidak asing dengan larangan menggunakan baju atau pakaian berwarna hijau.

Hal ini disinyalir dapat mengundang maut karena Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul menyukai orang yang menggunakan baju warna hijau. Selain itu, terdapat pula mitos yang beredar di masyarakat setempat bahwa di malam-malam tertentu Anda dapat melihat gerbang ghaib yang terbuka lebar dan suara delman dengan hiasan emas berkeliling di sekitar pesisir Pantai Selatan.

·         Sunset Terbaik Selain Bali

Terakhir, Pantai Selatan juga sering menjadi wisata sunset terbaik bagi para pengunjungnya. Bahkan tak jarang Anda akan menemukan berbagai prosesi pre-wedding sampai para model yang berfoto ria di sekitar Pantai Selatan. Hal ini dikarenakan Pantai Selatan terkenal akan wisata sunset yang mampu dibandingkan dengan pantai di Bali.

Lokasi Wisata Parangtritis

Hal pertama yang wajib Anda ketahui ialah lokasi pantai ini berada. Pantai Selatan berada di Jalan Parangtritis pada KM 28 Yogyakarta atau sekitar 30 KM dari pusat kota Malioboro. Pantai ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau menggunakan kendaraan umum dengan jalur tempuh Yogyakarta-Kretek-Imogiri-Siluk-Parangtritis.

Tiket masuk Parangtritis

Berapa tiket masuk pantai ke paket wisata jogja parangtritis? Anda cukup membayar 10 rb saja ke sana. Untuk biaya parker kendaraan roda 2 hanya 2 ribu saja. Kemudian tiket masuk kendaraan roda 4 dekenakan biaya 5 ribu saja.

Jam Operasional Buka & Tutup

Adapun jam buka pantai ini 07.00 WIB sampai pada pukul 17. 00 WIB. Akan tetapi banyak para wisatawan local maupun mancanegara yang berkunjung pada malam hari.

Fasilitas

Beberapa fasilitas sudah tersedia di sana yang bisa menambah kenyamanan Anda dalam berwisata, salah satunya adalah:

  • Toilet
  • Area parker.
  • Kamar mandi.
  • Mushola
  • Penginapan/ Hotel
  • Warung makan.

Kesimpulan

Nah, di atas adalah beberapa fakta unik yang jarang diketahui masyarakat dan wajib untuk Anda ketahui ketika hendak mengunjungi Pantai Parangtritis. Di luar berbagai misteri yang menyelimutinya, Pantai Selatan ini tetap menjadi wisata yang wajib Anda kunjungi minimal sekali dalam seumur hidup.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *