Keindahan Wisata Pantai Congot Sebagai Paket wisata Jogja Terbaik

Bagi kamu penggemar wisata pantai, pastikan kamu tidak melewatkan untuk mengunjungi Pantai Congot Jogja, sebuah pantai yang berlokasi di area paling barat provinsi Yogyakarta. Pantai yang terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo ini menjadi muara dari aliran sungai Bogowonto dan merupakan tempat berlabuh perahu-perahu nelayan sekitar.

Tak hanya menyuguhkan keindahan pemandangan laut, ombak, karang dan pasir hitam yang khas, Pantai Congot juga memiliki spot-spot foto dan wisata yang khas, yakni mangrove Pasir Mendit di area Pantai Congot Kulon serta Jembatan Api-Api yang dipergunakan untuk menyeberangi Sungai Bogowonto menuju Pantai Congot.

Pesona Pantai Congot

Sebagai pantai berpasir hitam, Pantai Congot memiliki eksotisme tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Yogyakarta. Kekhasan Pantai Congot seakan menjadi warna tersendiri bagi para wisatawan yang ingin mendapatan gambar-gambar dengan nuansa berbeda ketika berwisata pantai di Yogyakarta.

Tak hanya itu, Pantai Congot juga memiliki panorama yang begitu indah seperti hijau dan asrinya pepohonan yang melingkupi kawasan pantai, bukit karang, pemandangan laut dan ombak, hingga perahu-perahu nelayan yang sering tampak bersandar di bibir pantai. Tentunya hal ini akan membuat para pemburu gambar terpuaskan ketika berwisata di pantai yang satu ini.

Lalu, apakah hanya itu saja pesona Pantai Congot Kulon Progo? Tentu tidak! Mari simak sederet pesona Pantai Congot yang sayang untuk kamu lewatkan ini!

1.     Hutan Mangrove Pasir Mendit

Seperti yang sempat sekilas disebutkan di awal, Pantai Congot memiliki satu spot unik yang tidak banyak dimiliki pantai-pantai lain di Yogyakarta, yakni hutan mangrove. Hutan mangrove di Pantai Congot bernama Pasir Mendit yang menjadi salah satu ikon utama Pantai Congot.

Hutan Mangrove Pasir Mendit berhasil menjadi ikon Pantai Congot karena hijaunya tanaman bakau yang subur dan terawat sehingga sangat apik jika dijadikan spot berfoto selama kamu berkunjung ke pantai Congot. Selain itu, di bawah teriknya cuaca di Pantai Congot, tentu saja keberadaan hutan mangrove yang satu ini mampu memberikan kesejukan tersendiri, ya!

2.     Memilki Spot Memancing yang Seru

Bagi kamu penyuka water sport seperti salah satunya memancing, mengunjungi Pantai Congot merupakan pilihan yang sangat tepat. Kamu tinggal berjalan saja ke area barat Pantai Congot, tepatnya di pertemuan antara aliran air tawar dari Sungai Bogowonto dan air laut Pantai Congot.

Kawasan tempat bertemunya air tawar dan air laut ini tak disangka menyebabkan ikan-ikan berkembang biak dengan produktif sehingga banyak sekali jenis ikan yang hidup di tempat ini. Di sinilah banyak nelayan mencoba mencari peruntungan untuk menyambung kehidupan.

Sebab, saking banyaknya jenis dan jumlah ikan yang ada di kawasan payau Pantai Congot, konon kamu hanya perlu menebar jala kecil saja lho, untuk bisa mendapatkan berbagai jenis ikan! Jika kamu lebih suka memancing, maka kamupun tidak memerlukan teknik atau alat khusus dalam memancing di area ini.

Tinggal pasang umpan, lempar dan tunggu, ikan-ikan pun akan mendatangi kailmu dan kamu bisa membawa pulang ikan-ikan segar untuk kamu nikmati di rumah atau di pinggir pantai sembari bersantai bersama keluarga.

3.     Aneka Kuliner, Suvenir Unik dan Khas untuk Oleh-oleh

Dalam kegiatan berwisata, hal yang tidak bisa dilepaskan adalah berbelanja suvenir atau jajanan khas untuk oleh-oleh maupun untuk kenang-kenangan bagi diri sendiri. Saat berwisat ke Pantai Congot kamupun dengan mudah bisa membawa pulang aneka suvenir unik dan jajanan khas untuk oleh-oleh para kerabat atau untuk kenang-kenangan bagi dirimu sendiri.

Apa saja sih, aneka suvenir unik dan khas yang bisa kamu dapatkan ketika berwisata ke Pantai Congot? Ada banyak! Salah satu suvenir khas Pantai Congot adalah produk anyaman dari serat pandan pantai seperti tas, dompet dan lain sebagainya.

Selain itu, untuk memupus rasa lapar dan dahaga, di tempat ini kamu juga tidak perlu bingung untuk mengisi perut sebab terdapat banyak pilihan kuliner lezat berbahan dasar olahan laut seperti aneka ikan laut, kerang, udang dan kepiting. Kamu juga bisa membeli produk olahan laut kering untuk oleh-oleh, lho!

Rute Menuju Paket wisata Jogja Pantai Congot

Jadi, setelah membaca tentang pesona Pantai Congot, kamu semakin tak sabar ingin mengunjungi pantai yang satu ini. Bagaimana rute menuju Pantai Congot?

Jika kamu berangkat dari pusat kota Yogyakarta, kamu bisa menempuh jalur ke arah Wates, hingga menemukan patung Nyi Ageng Serang. Jika kamu sudah menemukan patung Nyi Ageng Serang, kamu bisa lanjut mengambil arah ke wilayah Purworejo dan akan melewati Terminal Wates.

Dari Terminal Wates, kamu akan menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer hingga bertemu pertigaan jalan berbentuk “Y” dan silakan ambil jalur ke kiri hingga kamu menemukan jembatan Congot. Dari jembatan Congot, ambil arah kiri dan melaju lurus saja hingga kamu menemukan penunjuk jalan yang akan mengarahkanmu ke Dusun Pasir Mendit.

Secara umum, rute yang harus kamu tempuh untuk menuju Pantai Congot relatif mudah dan jelas, sebab kawasan wisata ini memang sudah terkenal dan banyak dikunjungi, terutama sejak Hutan Mangrove diresmikan dan banyak dikunjungi untuk keperluan edukasi dan rekreasi.

Jam Berkunjung Pantai Congot

Untuk kamu yang memiliki waktu terbatas ketika berlibur di Yogyakarta dan tertarik untuk menyaksikan keindahan alam Pantai Congot, tak perlu khawatir. Pantai Congot buka setiap hari sepanjang pekan mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB atau waktu sunset. Ya, sebaiknya memang kamu tidak melewatkan waktu sunset di Pantai Congot, ya! Sebab sunset di Pantai Congot sangat indah dan menawan.

Harga Tiket Paket wisata Jogja Pantai Congot dan Fasilitas yang Disediakan

Untuk menikmati panorama indah Pantai Congot, ada biaya retribusi yang harus kamu siapkan. Tenang saja, harga tiket Pantai Congot sangat terjangkau, kok. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.5000/orang. Nah, jika sebelumnya kamu sudah memiliki tiket pantai Glagah yang terletak di satu area yang sama dengan Pantai Congot, kamu bahkan tidak perlu membayar apa-apa lagi, lho! Tinggal tambahkan saja biaya parkir sebesar Rp.2000 untuk sepeda motor atau Rp.5000 untuk mobil. Murah, kan!

Dengan biaya retribusi yang kamu keluarkan, kamu telah ikut menjaga kebersihan dan keasrian Pantai Congot. Selain itu, biaya retribusi yang kamu keluarkan sebenarnya juga diperuntukkan sebagi penyediaan dan pemeilharaan fasilitas untukmu sebagai pengunjung juga, lho.

Memangnya apa saja fasilitas yang disediakan Pantai Congot? Fasilitas yang disediakan Pantai Congot untuk para pengunjung terbilang standar namun cukup memadai, seperti toilet dan kamar ganti, tempat beribadah, juga berbagai warung yang menyedikan kebutuhanmu selama berwisata di Pantai Congot.

Nah itulah informasi menarik tentang Paket wisata Jogja Pantai Congot, Si hitam nan eksotis di wilayah barat Yogyakarta. Bagaimana? Sudah siap angkat ransel dan pergi ke sana? Anda bisa menggunakan sewa mobil Jogja Wicandra group.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *