0811-390-317

Paket Wisata Jogja Terbaik

Paket Wisata Jogja di Wicandra group adalah referensi bagi Anda yang menginginkan berlibur di Yogjakarta. Maka jasa rental mobil Jogja kami siap mengatrkan Anda kemanapun.

Paket Tour Wisata Yogyakarta

Wicandra Group merupakan jasa pelayanan paket wisata terbaik di Yogyakarta yang menyediakan berbagai kebutuhan di dalam paket tour jogja untuk kegiatan liburan Anda semuanya. Bersama kami Anda akan menemukan berbagai macam wisata Jogja yang unik dan asyik. Tim kami akan siap sedia mengantarkan kemana tujuan Anda berwisata di Jogja. Harga paket wisata Jogja yang kami tawarkan sangat murah sekali. Sehingga Anda tidak usah khawatir masalah harga, Anda bisa negosiasi dengan kami. Sistem booking sudah kami fasilitasi di menu utama website kami. Anda akan dengan cepat mendapatkan pelayanan dengan sistem tersebut. Selain itu kami akan memberikan fasilitas yang menarik sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. 

Mobil Kami Terawat Baik

Untuk Sewa mobil Jogja di kami selalu mengedepankan jaminan rasa aman dan juga memberikan kenyamanan bagi para pelanggan kami dengan selalu menyediakan Armada terbaik kami. Unit-unit kami dalam kondisi armada yang sangat prima, bersih terawat luar maupun dalam.

Banyak Pilihan Paket Wisata Jogja

Banyak sekali pilihan-pilhan paket wisata Jogja murah dan juga beragam di jasa tour Jogja kami. Maka dari itu, Anda bisa dengan leluasa berwisata di Jogja dengan jasa kami. Kami komitemen akan memberikan fasilitas terbaik untuk Anda semuanya.

Driver & Tim Profesional

Pelayanan di kami mengedepankan dan memprioritaskan kepuasan bagi para konsumen. Kami mempunyai banyak driver, dan tim-tim pemandu wisata yang ramah dan sabar serta profesional dalam memandu wisata di Yogjakarta.

Harga Murah & Terjangkau

Jasa sewa mobil kami di Wicandra Group akan selalu berusaha memberikan layanan terbaik, harga paket wisata Jogja yang kami tawarkan kepada anda sangat terjangkau dan termurah.

Deskripsi:

Anda bisa menemukan tempat-tempat wisata Jogja di kami. Karena kami sudah menyediakan paket wisata Jogja dengan harga yang murah. Wisata dalam paket tour wisata Jogja kami sangatlah lengkap. Perjalanan Anda akan nyaman dan aman bersama sewa mobil Jogja kami. Kami akan mengatur semua perjalanan wisata Anda saat berlibur di Kota Yogjakarta tercinta ini. Rental mobil Jogja kami mempunyai tim pemandu yang sangat profesional dan Armada terawat dengan baik. Lihat saja beberapa pilihan Armada kami di postingan (Lihat: Armada).

Beberapa pilihan wisata sejarah, alam, pendidikan, budaya, belanja, kuliner, dan masih banyak lagi wisata-wisata yang ada di Yogjakarta yang bisa Anda pilih. Beberapa paket sudah kami siapkan untuk perjalanan tour dan wisata Anda di Yogjakarta. Paket Tour di kami akan selalu menyesuaikan dengan budget Anda. Mulai dari beberapa pilihan paket wisata Jogja 1 hingga 10 Anda bisa memilihnya. Kami akan senang melayani dan membantu serta menemani perjalanan Anda.

Kenapa Disarankan Menggunakan Jasa Tour Pada Saat Berlibur Ke Jogja?

Pada saat Anda berlibur ke Jogja. Maka kami sarankan agar menggunakan jasa rental atau jasa sewa mobil Jogja. Berikut adalah beberapa alasan dan pertimbangan mengapa Anda harus menggunakan jasa Tour atau sewa mobil:

Tidak Perlu Memikirkan Moda Transportasi

Transportasi adalah salah satu hal yang sangat penting dan krusial dalam perjalan wisata Anda. Maka dengan Anda menyewa mobil atau merental mobil. Maka tidak perlu memikirkan kembali resiko perjalanan. Apalagi jika Anda adalah wisatawan yang datang dari luar daerah. Hal ini sangat disarankan untuk menggunakan jasa rental mobil saja.

Efesiensi Biaya

Dengan menggunakan jasa atau moda transportasi yang kita siapkan. Maka biaya Anda bisa lebih hemat. Karena Anda tidak udah memikirkan kendala dan resiko kendaraan. Baik hal BBM maupun akomodasi yang lain. Belum lagi Anda memikirkan biaya masuk pada objek wisata Jogja, kemudian biaya makan, penginapan, dan juga lain-lainnya. Tentunya hal tersebut membutuhkan biaya tidak sedikit.

Efektif dan Efisiensi Waktu

Apakah Anda ingin menggunakan waktu berlibur Anda dengan efektif bukan? Inilah kami sarankan Anda menggunakan jasa rental armada dari kami. Jasa sewa mobil kami akan memberikan pelayanan yang sangat efektif dan sangat efesiensi waktu. Karena kami mempunyai driver handal dan pemandu yang profesional. Sehingga bersama kami Anda akan menghemat waktu secara baik.

Bisa Berkunjung Kesemua Obyek Wisata Jogja

Jika Anda menggunakan jasa tour kami, maka bisa dipastikan bisa mengunjungi banyak objek wisata. Beda lagi jika Anda menggunakan moda transportasi pribadi. Apalagi jika Anda belum tahu beberapa wisata terhits di Yogjakarta. Misalnya saja Anda tidak tahu jalan, kesasar dan lainnya. Sehingga dengan waktu yang ada, banyak terbuang percuma diperjalanan.

Nikmati Liburan Anda Bersama Kami Wicandra Group

Pilihan Paket Wisata Jogja di Wicandra Group

Paket Wisata Jogja – Paket 1

Paket Wisata Jogja pertama akan meliputi destinasi wisata berikut ini: Kraton, Tamansari, Malioboro, Kotagede, Candi Prambanan, Istana Ratu Boko (Sunset) yang indah di Istana Ratu Boko.

Available Tickets: 27

Harga: Rp. 450.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 2

Paket Wisata Jogja ke 2 meliputi tempat asik berikut ini: Candi Borobudur, Lava Tour Merapi, Candi Prambanan, Tour dalam kota Jogja keliling dan menikmati suasana Yogyakarta yang asik.

Available Tickets: 27

Harga: Rp. 450.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 3

Menikmati kesejukan Ketep Pass dan keliliking degan Paket Wisata 4 meliputi:Ketep Pass, Lava Tour Merapi, Kaliurang, Ulen Sentalu Museum, Tour dalam kota Jogja sambil ngopi-ngopi santai.

Available Tickets: 27

Harga: Rp. 450.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 4

Jalan-jalan degan pilihan Paket Wisata Jogja ke 4 diantaranya: Kalibiru, Hutan Mangrove dan Pantai Congot, Pantai Glagah, Gumuk Pasir Parangkusumo (Sunset) dengan duduk santai menunggu malam.

Available Tickets: 27

Harga: Rp. 500.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 5

Pilihan tepat Paket Wisata Jogja unggulan: Menikmati Candi Borobudur (Sunrise), Candi Mendut, Candi Pawon, Lava Tour Merapi, Candi Prambanan, Istana Ratu Boko (Sunset)

Available Tickets: 27

Harga:  Rp. 550.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 6
Memilih paket wisata Jogja 6 ini di antaranya kamu akan berkeliling: Kalibiru, Candi Borobudur, Lava Tour Merapi, Candi Prambanan, Jogja City Tour, dengan armada kami yang super ciamik.
Available Tickets: 27

Harga: Rp 550.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 7
Pilihan terbaik untuk paket 7, kamu akan di ajak keliling ke destinasi wisata unggulan diantaranya: Air Terjun Sri Gethuk, Cave Tubing Gua Pindul, Pantai Timang, Pantai Indrayanti, Bukit Bintang.
Available Tickets: 27

Harga: Rp 550.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 8
Naik ke bukit bintang, menikmati keindahanya dengan memilih paket wisata jogja 8 diantaranya: Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan, Pantai Indrayanti, Pantai Timang, Bukit Bintang.
Available Tickets: 27

Harga: Rp 550.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 9
Paket wisata Jogja terlaris diantaranya: Candi Borobudur (Sunrise), Lava Tour Kaliadem, Kraton, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis (Sunset), yuk jalan bersama kami.
Available Tickets: 27

Harga: Rp. 600.000,-

Paket Wisata Jogja – Paket 10
Pilihan terbaik untuk kamu yang ingi menikmati destinasi wisata berikut ini: Candi Borobudur (Sunrise), Dataran Tinggi Dieng (Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna).
Available Tickets: 27

Harga: Rp. 650.000,-

Pilihan Tempat Wisata Jogja

JOGJA ISTIMEWA

Itulah salah satu kata yang sering didengar mengenai kota Yogjakarta. Ya, seperti jargonya Jogja Istimewa, kota jogja memang memiliki segudang keistimewaan. Salah satunya adalah keindahan nan mempesona dari tempat-tempat wisata di kota Yogyakarta ini.

Tempat Wisata Di Jogja yang Wajib Untuk Dikunjungi

Istimewa, itulah salah satu kata yang sering didengar mengenai kota Yogjakarta. Ya, seperti jargonya Jogja Istimewa, kota jogja memang memiliki segudang keistimewaan. Salah satunya adalah keindahan nan mempesona dari tempat-tempat wisata di kota Yogyakarta ini.

Tempat Wisata Istimewa Di Jogja

1. Keraton

Salah satu tempat wisata yang menarik di Jogja adalah Keraton Jogja. Keraton jogja atau yang sering disebut dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadininrat ini berdiri tepat di tengah kota Yogyakarta.

Keraton yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I ini memiliki kemegahan dan keindahan bangunan yang memukau. Tidak heran jika pada tahun 1995, kraton Jogja pernah dicalonkan sebagi salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Keraton Jogja adalah salah satu icon paket wisata Jogja yang sangat bersejarah. Keraton ini adalah Istana kesultanan di Ngayogyakarta Hadiningrat. Keratono ini juga masih difungiskan sebagai salah satu tempat tinggal Sultan. Adapun Keraton Yogyakarta masih menjaga warisan budaya seperti halnya kegiatan upacara adat, dan juga benda-benda kuno lainnya.

Lokasi Keraton Jogja

Keraton Yogyakarta berada di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya yang berada di pusat Kota Yogyakarta akan memudahkan wisatawan untuk sampai ke istana kesultanan ini.

Harga Tiket Masuk Keraton Jogja

Harga tiket masuk paket wisata Jogja ini dikenakan biayan yang cukup murah. Harga tiket masuk diberlakukan sama baik untuk kunjungan hari biasa maupun akhir pekan.

  1. Tiket Wisatawan Domestik hanya Rp. 5.000.
  2. Tiket Wisatawan Asing Rp. 15.000.
  3. Izin Berfoto Rp. 1.000.

Jam Buka Keraton Jogja

Sejak Keraton Jogja dibuka untuk umum, banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke sana. Mulai dari wisatawan domestik hingga pada wisatawan mancanegara. Keraton Jogja ini dibuka setiap hari dari pagi hingga siang hari. Adapun jam operasionalnya adalah:

  1. Sabtu s/d Kamis 08.30 – 13.00 WIB.
  2. Jumat 30 – 13.00 WIB.

Jadwal Kegiatan Menarik di Keraton Yogyakarta

Selain berkeliling menyusuri bangunan-bangunan yang ada dalam Istana. Dalam hal ini para wisatawan bisa menyaksikan beberapa pertunjukan di dalamnya. Pertunjukan ini rutin digelar di istana dengan jam dan hari yang telah ditentukan. Ada Pula pertunjukan berupa upacara adat yang diselenggarakan untuk memperingati hari-hari tertentu.

  1. Pertunjukan Gamelan pada hari senin dan selasa pukul 10.00-12.00 WIB
  2. Pertunjukan Wayang Kulit pada hari sabtu pukul 09.00-13.00 WIB
  3. Pertunjukan Tarian pada hari minggu dan kamis pukul 19.00-12.00 WIB
  4. Pembacaan Puisi pada hari jum�at pukul 10.00-11.30 WIB
  5. Pertunjukan Wayang Golek pada hari rabu pukul 09.00-12.00 WIB

Area Keraton Jogja

Gapura Pintu Masuk Ke Kawasan Kraton

Merupakan salah satu gerbang utama yang memasuki kompleks Keraton Yogyakarta dari arah utara. Gerbang ini dulu berfungsi sebagai tempat penyerahan daftar jaga dan tempat pengusiran.

Kompleks Alun-Alun Utara

Terdapat di bagian utara Keraton Yogyakarta, yang kini luasnya semakin dipersempit. Lokasi ini digunakan untuk acara rakyat dan kerajaan yang melibatkan masyarakat sekitar. Pada hari-hari biasa digunakan sebagai area parkir dan sepak bola oleh warga sekitar.

Masjid Gedhe

Merupakan masjid raya kesultanan yang terletak di sebelah barat kompleks alun-alun utara. kompleks yang lebih dikenal dengan masjid gedhe kauman ini dikelilingi oleh dinding yang tinggi. Bangunan induk berbentuk menyerupai tajug persegi tertutup dengan atap bertumpang tiga.

Kompleks pagelaran

kompleks ini merupakan bangunan utama yang dulu dikenal sebagai Tratag Rambat. Kini difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan even-even pariwisata, religi dan upacara adat keraton lainnya.

Kompleks Siti Hinggil Ler

kompleks ini digunakan untuk menyelenggarakan upacara-upacara resmi kerajaan. kompleks ini letaknya lebih tinggi dari tanah disekitarnya, dan terdapat deretan pohon gayam.

Koleksi Gamelan Alat Musik Tradisional Jawa

Beberapa koleksi alat musik tradisional jawa seperti gamelan bisa dilihan di istana kesultanan Yogyakarta. Terletak di sebelah selatan kompleks kamandhungan ler yang terhubung dengan regol sri manganti . kompleks ini difungsikan sebagai tempat menyimpan pusaka keraton dan alat-alat musik gamelan. Terkadang juga difungsikan sebagai tempat penyelenggaraan even pariwisata keraton.

Kompleks Kamandungan Ler

Lebih dikenal dengan Keben karena terdapat pohon keben di halamannya. Ditengah-tengah terdapat bangunan bangsal ponconiti yang menjadi bangunan utama. Bangsal ini kini difungsikan sebagai tempat menyelenggarakan acara adat seperti garebeg dan sekaten.

Kompleks Siti Hinggil Kidul

Siti hinggil yang lebih dikenal dengan Sasana Hinggil Dwi Abad berada di sebelah utara alun-alun Kidul. Sekarang difungsikan untuk pagelaran seni pertunjukan sepeti wayang kulit, pameran dan sebagainya.

Kompleks Kamagangan

kompleks ini memiliki gerbang dengan patung dua ekor ular yang menjadi simbol tahun berdirinya keraton. Di kompleks ini terdapat Bangsal Magangan yang berada ditengah halaman. Berfungsi sebagai tempat upacara Bedhol Songsong dan pertunjukan wayang kulit.

Alun-Alun Kidul

Berada di selatan area, yang menjadi pusat hiburan rakyat. Jika malam lokasi ini dipenuhi dengan pengunjung yang menikmati hidangan di angkringan. ditengah alun-alun terdapat dua beringin besar yang menjadi mitos masyarakat.

2. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta merupakan situs bekas taman dari istana Keraton Yogyakarta. Rasanya belum lengkap jika sudah berkunjung ke kraton Jogja, tetapi tidak berkunjung ke taman sari.

Ya, bagunan yang memiliki arsitektur unik yang memadukan gaya jawa dengan portugis. Dari bentuk arsitekur unik inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi setiap wisatawan, untuk berkunjung ke tamansari.

Paket Wisata Jogja Taman Sari

Wisata Jogja Taman sari adalah salah satu paket wisata Jogja. Wisata yang satu ini adalah salah satu tempat wisata yang snagat bersejarah di Jogja. Pada jaman dahulu kala, Taman Sari ini digunakan sebagai salah satu kebun dari istana keraton Ngayogyakarta.

Dalam keraton taman sari sangat rindang dan juga indah, pastikan untuk mengunjungi tempat ini dengan paket tour Jogja. Adapun pembangunan taman sari ini dirintis sejak tahun 1758 sampai 1765.

Taman Sari ini dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono ke I. Dulu sebutan dari taman sari ini adalah “The Fragrant Garden”. Taman sari ini mempunyai luas area hingga 10 ha, dan sudah dilengkapi dengan adanya gedung sebanyak 57 buah, kolam pemandian, kanal, jembatan gantung, lorong bawah air, danau buatan dan juga pulau bulau buatan.

Tempat wisata taman sari ini juga terdiri dari 4 komplek. Komplek pertama yakni terletak pada bagian barat meliputi sebuah danau buatan. Kompleks kedua ini terletak pada sebelah selatan dari danau buatan yakni ada pemandian umbul binangun. Kompleks ketiga ada kolam Garjitawati dan pesarean ledok sari letaknya di selatannya umbul binangun. Terakhir yaitu kompleks keempat adalah danau yang ditengahnya ada pulau terletak di sebelah timur.

Semua kompleks taman sari pada saat ini tidak bisa Anda nikmati semuanya. Akan tetapi, hanya satu saja yaitu kompleks pemandian umbul saja. Bangunan tersebut masih utuh sehingga Anda bisa liburan kesana sambil mengambil foto yang bagus.

Bagaimana dengan bagunan taman sari yang lain? Bangunannya rusak karena terlalu lama sekali. Masih ada beberapa reruntuhannya yang dapat Kamu lihat ketika berada disana. Adapun paket wisata Jogja taman sari sampai saat sekarang ini menjadi salah satu tempat tujuan favorite wisatawan.

Pasalnya banyak sekali para wisatawan yang lebih memilih dengan mendatangi tempat ini daripada ke tempat wisata yang lebih modern. Kegiatan liburan yang dapat Kamu lakukan yaitu menjelajahi seluruh bangunan taman sari, mengambil foto dengan background yang bagus, bersantai di taman dan mencari kuliner disana.

Liburan pasti memuaskan sekali jika liburan di taman sari ini. Karena Anda dapat menciptakan foto yang instagramable. Semua foto yang diambil pada berbagai sudut taman sari sangat bagus dan pastikan Kamu mendapatkan view yang tepat.

Dengan demikian, maka Anda bisa mendapatkan layanan paket wisata Jogja ke Taman sari ini hanya di Wicandar Group. Wicandra Group ini adalah satu-satunya jasa sewa mobil Jogja yang terbaik.

3. Malioboro

Menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang ikonik, tentunya maliobor menjadi tempat yang tidak akan pernah sepi wisatawan.

Di kawasan Malioboro ini banyak sekali spot-spot foto yang instagramable, cocok sekali bagi wisatawan yang memang memburu tempat foto yang menarik. Saat malam hari, maliobor juga tidak hilang pesonanya, malah saat malam hari banyak juga musisi yang unjuk keboehanya.

Berkunjung ke Jogja tidak akan lengkap rasanya kalau tidak menyempatkan mampir ke Malioboro Jogja. Ini adalah kawasan yang bisa dibilang sebagai jantungnya kota Yogyakarta.

Malioboro adalah kawasan belanja legendaris dan penuh sejarah.  Di sekelilingnya juga terdapat banyak destinasi wisata yang jaraknya tak begitu jauh. Tak heran jika tempat ini selalu masuk dalam daftar kunjungan kala melancong ke Jogja.

Asal Muasal Malioboro Jogja

Menurut sejarah Malioboro Jogja mulai beroperasi pada awal abad ke-19. Saat itu pemerintahan yang bernaung menginginkan adanya tempat untuk terus memutar roda perekonomian.

Sampai sekarang, jika dilihat sekilas sebenarnya Malioboro Jogja hanyalah sebuah jalan. Namun, aktivitas perekonomian sangat kentara di kiri dan kanannya. Mulai dari pedagang tradisional, toko-toko kecil hingga pusat perbelanjaan modern ada di sana.

Lokasi Jalan Malioboro

Jalan Malioboro terletak di tengah-tengah Yogyakarta, sehingga mudah dijangkau dari arah manapun. Tepatnya ada di sebelah selatan Stasiun KA Tugu Yogyakarta dan sebelah utara Kraton Yogyakarta.

Alamat lengkapnya berada di Jalan Malioboro, Gedongtengen, Yogyakarta, DIY.

Rute Menuju Malioboro

Kawasan belanja Malioboro secara keseluruhan terdiri dari tiga jalur utama. Selain Jalan Malioboro, kawasan ini juga mencakup Jalan Margo Utomo dan Margo Mulyo.

Di sekitar jalan-jalan tersebut banyak tempat parkir umum dan hotel atau penginapan yang memudahkan akses menuju ke sana.

Jika naik kereta, dari arah Stasiun Tugu Anda hanya tinggal berjalan kaki menyeberangi rel untuk menuju Malioboro.

Ada Apa Saja di Malioboro?

Keistimewaan Malioboro adalah para penjaja pernak-pernik khas Jogja seperti kaos, batik, gantungan kunci, dan lain-lain. Toko oleh-oleh makanan khas juga tak ketinggalan, bakpia pathok dan yangko misalnya.

Saran untuk Anda saat berbelanja di Malioboro adalah hati-hati gelap mata. Sebab di sana harga yang ditawarkan relatif murah daripada di tempat lain. Kalau punya kemampuan menawar harga, tentu itu akan jadi nilai plus untuk Anda.

Kuliner di Malioboro Jogja

Wisata kuliner di Malioboro juga tak bisa dikesampingkan, apalagi saat malam tiba. Sebelum masa pandemi Covid-19, kawasan ini tak pernah sepi pengunjung hingga menjelang larut malam.

Dari satu warung ke warung makan lainnya seolah tak ada jarak. Anda bisa menikmati makan lesehan beralas tikar sambil bersenda gurau bersama kerabat.

Kuliner khas di sana antara lain pecel, gudeg atau makanan-makanan dengan sambal dan lalapannya. Hiburannya pun murah meriah tetapi tetap menyenangkan, yaitu mendengarkan musisi jalanan beraksi.

Fasilitas yang Lengkap

Terakhir, Malioboro juga merupakan tempat yang terintegrasi dengan baik dan punya fasilitas cukup lengkap. Anda tidak perlu bingung mencari ATM, tempat ibadah, area parkir, pusat informasi, dan sebagainya.

Akomodasi dari dan ke Malioboro juga dipermudah dengan berdirinya hotel-hotel besar di sekitar kawasan. Lantaran areanya yang tidak terlalu jauh, maka dari satu tempat ke tempat lain Anda bisa menempuhnya dengan naik becak. Ini adalah transportasi umum tradisional yang masih digunakan di sana.

Harga Tiket dan Parkir

Seperti yang Anda kira, Malioboro tidaklah seperti tempat wisata karena ini hanya kawasan belanja. Jadi tidak ada loket tiket untuk masuk alias gratis.

Jika Anda membawa kendaraan roda dua maupun roda empat, biaya parkirnya pun masih terbilang murah. Biasanya sepeda motor dikenai biaya Rp2.000 dan mobil pribadi Rp5.000.

Kendaraan diparkir di kawasan Sentra Parking Abu Bakar Ali, tepat di ujung Jalan Malioboro.

Sudah rindu dengan Jogja? Kalau begitu, saat liburan ke Yogyakarta nanti jangan lupa untuk mampir ke Malioboro Jogja, ya.

 

4. Kota Gede

Kota Gede bisa menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana tempo dulu. Banyak tempat wisata di kota Gede, mulai dari Pemukiman Tradisional Jawa, yang juga tidak kalah instagramable-nya dengan Malioboro, jadi saat ke Kota Gede jangan lupa untuk mencari spot-spot foto yang menarik. daya tarik lain dari kota Gede adalah warganya yang ramah.

Wisata Kotagede Jogja adalah salah satu wisata terbaik di Jogja. Wisata ini menawarkan pesona keindahan tersendiri mulai dari bangunan bersejarahnya hingga kerajinan perak yang sangat indah.

Kotagede ini memang diketahui salah satu daerah yang dikenal sebagai wisata yang bersejarah. Adapun daerah ini dulu adalah cikal bakal berdirinya Kerajaan Mataram Islam di tanah Jawa. Tidak heran jika kemudian banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah.

Rute & Lokasi

Untuk bisa menuju ke Kotagede ini, para wisatawan hanya cukup menempuh jarak sekitar 6 kilometer saja dari pusat Kota Jojga. Kira-kira bisa ditempuh dalam waktu 15 menit perjalanan.

Lokasinya yang sangat dekat dari pusat kota, membuat akses menuju ke daerah ini cukup mudah sekali untuk dicapai. Para wisatawan bisa menggunakan berbagai macam kendaraan umum seperti Sewa Mobil Jogja.

Pesona Keindahan Wisata Kotagede Jogja

Berkunjung ke paket wisata Jogja Kotagede akan memberikan pengalaman yang berbeda bagi para wisatawan. Disepanjang jalan, para wisatawan akan menemukan berbagai bentuk dari bangunan kuno dengan berbagai macam gaya arsitektur yang sangat unik. Terdapat bangunan bergaya arsitektur Belanda, Tradisional Jawa, hingga Mataram Hindu yang masih dijaga serta dilestarikan hingga kini.

Disepanjang setiap pinggir jalan wisata Kotagede, para wisatawan akan sering mendapati toko-toko yang menjual hasil kerajinan perak. Kerajinan-kerajinan tersebut bermacam-macam, mulai dari perhiasan seperti cincin dan kalung hingga perabotan rumah tangga seperti teko, gelas, dan hiasan ruangan yang terbuat dari perak.

Beberapa tempat wisata Jogja yang ada di Kotagede ini yang bisa para wisatawan kunjungi sebagai berikut:

1.      Makam Raja-Raja Mataram

Tempat ini adalah salah satu tempat peristirahatan terakhir bagi para Raja-Raja Mataram Islam yang letaknya sekitar 100 meter dari Pasar Kotagede. Makam ini dikelilingi oleh tembok besar yang sangat kokoh, serta memiliki gapura dengan desain arsitektur khas umat Hindu. Terdapat tiga gapura yang setiap gapura tersebut dilengkapi dengan pintu kayu tebal yang dihiasi dengan ukiran-ukiran nan cantik.

Untuk bisa memasuki makam ini, para wisatawan diwajibkan untuk memakai baju adat jawa yang bisa disewa disekitar makam. Wisatawan juga dilarang untuk memotret, serta memakai perhiasan yang terbuat dari emas ketika berada di dalam makam. Suasana di makam sangat tenang serta sakral, dijaga oleh abdi dalem yang menggunakan baju adat jawa. Di pemakaman ini terdapat makam dari Panembahan Senopati, Ki Gede Pemanahan, dan Sultan Hadiwijaya.

2.      Masjid Agung Kotagede

Masjid Agung Kotagede masih terletak pada kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Masjid ini dipercaya merupakan masjid tertua yang berada di Yogyakarta. Selain masih digunakan sebagai tempat ibadah hingga kini, masjid ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Islam yang memiliki nilai sejarah cukup tinggi.

 

3.      Rumah Tradisional Jawa

Setelah berkunjung ke Makam Raja-Raja dan Masjid Agung, wisatawan juga dapat menikmati keindahan Rumah Tradisional Jawa yang letaknya tak jauh dari kompleks makam. Rumah-rumah ini memiliki bangunan dengan arsitektur tradisional Jawa Mataram yang hingga kini masih dirawat serta dilestarikan dengan baik. Rumah-rumah tersebut hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat tinggal oleh warga setempat.

4.      Kedhaton

Kedhaton ini terletak disebelah selatan dari kompleks Rumah Tradisional Jawa. Terdapat 3 buah pohon beringin ditengah jalan yang memiliki situs watu gilang berwarna hitam serta terdapat tulisan dibatu tersebut.

Itulah beberapa paket wisata Jogja Kotagede yang bisa Anda kunjungi pada saat berlibur ke Jogja. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja Wicandra Group.

5. Candi Prambanan

Lagenda candi Prambanan murupakan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Bukan hanya kisahnya saja yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung, tapi keidahan komplek candi prambanan pun merupakan salah satu daya tarik bagi para wisatawan. Tidak heran jika pada tahun 1991 candi ini ditetapkan UNESCO sebagi situs warisan dunia.

Candi prambanan adalah salah satu wisata Jogja yang sangat terkenal. Budaya luhur di sana sangatlah kental dikenal masyarakat luas. Candi ini sudah tersohor dan bercorak Agama hindu. Candi ini merupakan salah satu Candi hindu yang terbesar di Indonesia dan bahkan se Asia Tenggara.

Letak Candi Prambanan

Candi ini terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. memiliki ketinggian sekitar 47 meter atau lebih tinggi 5 meter dari candi Borobudur. Berada disebelah timur Yogyakarta, sejatinya tempat wisata Candi Prambanan berada di antara 2 wilayah yaitu Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Rute

Adapun rute yang bisa Anda tempuh jika ingin ke paket wisata Jogja Candi ini adalah dari kota Yogyakarta anda menuju Jalan Jogja-Solo terus ke timur hingga menjumpai gapura perbatasan Jogja-Jawa Tengah. Kemudian masih saja lurus dan Anda akan menjumpai traffic light. Kemudian Anda belok ke kiri dan sampailah anda di Candi Prambanan. Rute menuju Candi Prambanan tersebut merupakan rute termudah dan paling sering digunakan. Google Map Candi Prambanan. Jarak dari Kota Jogja ke Candi Prambanan kurang lebih adalah 16 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Candi Prambanan sekitar 35 menit.

Harga Tiket dan Parkir Candi Prambanan

Adapun harga tiket masuk ke Candi Prambanan ini tidak mahal. Cukup membayar Rp 40.000 untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya 25 USD atau sekitar Rp 338.000. Dengan harga tiket masuk Candi Prambanan tersebut dijamin akan sepadan dengan apa yang anda dapatkan ketika anda mengunjungi Candi Prambanan.

Sedangkan untuk harga parkir Candi Prambanan dibedakan untuk kendaraan jenis mobil dan motor. Untuk harga parkir mobil di Candi Prambanan adalah Rp 10.000,- sedangkan untuk harga parkir motor adalah Rp 3.000.

Fasilitas Candi Prambanan

Beberapa fasilitas yang tersedia di WIsata Candi Prambanan ini sudah sangat lengkap sekali. Bagi bagi para wisatawan yang mengunjungi Candi Prambanan, diantaranya adalah:

  1. Mushola
  2. Papan informasi
  3. Souvenir Shop
  4. Restoran
  5. Gazebo
  6. Tempat parkir yang luas
  7. Toilet
  8. Guide
  9. Golf cart
  10. Spot Foto

Itulah beberapa informasi paket wisata Jogja yang bisa Anda kunjungi. Anda bisa menggunakan armada sewa mobil Jogja Wicandra Group.

6. Istana Ratu Boko

Di Jogja ada banyak tempat untuk menikmati keindahan matahari terbenam atau sunset, salah satunya adalah Istana Ratu Boko.

Istana ratu Boko menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan matahari terbenam di Jogja. Pastinya akan menjadi salah satu kenangan indah yang tak terlupakan, jika dapat melihat sunset di Istana Ratu Boko Jogja.

Sebuah gapura batu nan megah tampak menawan ketika sinar matahari sore memantul di sela-sela bangunannya. Dari kejauhan, gapura yang sudah ada sejak 792 itu menjadi siluet lantaran tertutup sinar matahari yang mulai meredup.

Di kejauhan, bulatan merah menyala perlahan menyingkir dari angkasa, bergulir turun lantas menghilang dan hanya menyisakan pancarona nan indah di langit. Merapi Merbabu yang berdiri kokoh di kejauhan seolah menjadi pelengkap paket wisata Jogja senja nan mempesona di Ratu Boko.

Ya, berburu senja tak harus selalu di pantai atau di puncak gunung, menikmati senja di kompleks Istana Ratu Boko bisa menjadi pilihan. Istana Ratu Boko merupakan kompleks istana yang dibangun pada masa pemerintahan Rakai Panangkaran, salah satu keturunan Wangsa Syailendra sekitar tahun 792 M. Kompleks istana ini bernama Abhyagiri Vihara yang berarti biara di bukit penuh kedamaian. Hal ini dikarenakan lokasi Ratu Boko yang berada di atas bukit setinggi 196 mdpl. Dari tempat ini kamu bahkan bisa menyaksikan puncak Candi Prambanan, Gunung Merapi Merbabu, dan desa-desa di sekitarnya.

Istana ini mulanya berfungsi sebagai tempat menyepi dan kegiatan spiritual agama Budha, namun pada 856 M, komples istana seluas 250.000 m3 difungsikan sebagai keraton oleh Rakai Walanging Pu Khumbayoni yang beragama Hindu. Hal inilah yang lantas membuat kompleks istana ini kental dengan perpaduan unsure Hindu dan Budha. Dilihat dari sisi agama Hindu, Istana Ratu Boko memiliki yoni, tiga miniatur candi, arca Ganesha, dan Durga, serta lempengan emas dan perak bertuliskan mantera agama Hindu Om Rudra ya namah swaha. Sedangkan sentuhan Budha sangat terasa pada acra Budha, reruntuhan stupa, dan stupika.

Istana Ratu Boko terbagi menjadi empat bagian yang meliputi barat, timur, tengah, dan tenggara. Bagian tengah terdiri dari bangunan gapura utama, lapangan, candi pembakaran, kolam, batu berumpak, dan paseban. Sedangkan bagian tenggara meliputi batur pendopo, batur pringgitan, gapura, dua kompleks kolam, dan reruntuhan. Sebuah pahatan lingga yoni tampak di dasar kolam. stupa budha, kolam, serta kompleks gua yang disebut Gua Lanang dan Gua Wadon berada di bagian timur. Bagian barat terdiri dari perbukitan yang memiliki tiga teras. Masing-masing teras dipisahkan oleh pagar batu andesit dengan tinggi lebih kurang 3,50 meter dan tebing teras diperkuat dengan tumpukan batu andensit. Batas utara adalah pahatan langsung dinding perbukitan.

Jika kamu masuk dari pintu gerbang istana, dua buah gapura menjulang menjadi pemandangan awal dari Kompleks Istana Ratu Boko. Gapura pertama terdiri dari tiga pintu sedangkan gapura kedua memiliki lima pintu. Pada gapura pertama, terdapat tulisan Panabwara yang berarti kekuatan. Kata tersebut berdasarkan prasasti Wanua Tengah III ditulis oleh Rakai Panabwara sebagai tanda bangunan tersebut bangunan utama.

Setelah meninggalkan gapura kedua, kamu akan menjumpai bangunan candi dengan bahan dasar batu putih. Hal tersebut membuat masyarakat setempat menyebutnya Candi Batu Putih. Selain Candi Batu Putih, Istana Ratu Boko juga memiliki candi berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 26 meter x 26 meter dengan dua teras. Konon, candi tersebut digunakan sebagai tempat pembakaran jenazah, karena itu tempat tersebut dinamakan Cadi Pembakaran.

Istana Ratu Boko juga memiliki sebuah sumur bernama Amerta Mantana yang berarti air suci yang diberikan mantra. Sumur tersebut terletak di arah tenggara dari candi pembakaran. Menurut penuturan masyarakat setempat, air dari sumur itu dapat membawa keberuntungan. Sedangkan bagi orang Hindu air sumur tua itu selalu digunakan untuk ritual Upacara Tawur Agung, sehari sebelum Nyepi. Mereka meyakini, air tersebut dapat memurnikan diri kembali.

Selain sisa-sisa reruntuhan bangunan istana, Kompleks Ratu Boko juga dilengkapi dengan fasilitas Adriwarna Cafe. Restoran terbuka yang terletak di lereng bukit ini memiliki pemandangan langsung ke Candi Prambanan dan Gunung Merapi. Saat di Prambanan sedang dilangsungkan Sendratari Ramayana, dari tempat ini kamu bisa menyaksikan kemegahan candi tersebut dalam balutan lampu sorot warna-warni. Tempatnya yang romantis membuat Adriwarna Cafe sering dijadikan lokasi gathering bahkan resepsi pernikahan.

Melihat Sunset Terbaik di Jogja

Banyak orang bilang bahwa salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja di Yogyakarta adalah dari gerbang Istana ratu Boko. Hal ini tidaklah berlebihan karena pemandangan senja dari tempat ini benar-benar mempesona. Bdi Ratu Boko akan memberikanmu sensasi yang berbeda dibandingkan dengan melihat sunset di laut atau di gunung. Disini kamu bisa melihat senja sembari duduk di hamparan rumput hijau atau berdiri di bawah pintu gerbang. Matahari bulat sempurna kemerahan akan bergerak perlahan hingga menghilang ke batas cakrawala. Langit senja pun berubah beraneka warna hingga kemudian berganti pekat. Pemandangan indah ini tak akan berlangsung lama, karena itu siapkanlah kamera.

Hunting Foto

Meski hanya tersisa reruntuhan, kompleks Istana Ratu Boko sangat fotogenic. Nyaris semua sisi kawasan ini terlihat indah jika diabadikan dalam lensa. Kamu bisa memainkan tone warna. Untuk kesan klasik, membuat foto hitam putih adalah pilihan ciamik. Saat musim penghujan, tanah lapang di belakang gerbang akan dipenuhi hamparan rumput hijau. Pohon flamboyan juga mulai berbunga, itulah saat terbaik untuk mengambil gambar dengan warna-warni ceria. Istana Ratu Boko termasuk spot favorit pemotretan di Jogja, baik untuk pemotretan model, foto landscape dan heritage, sesi foto pre-wedding, hingga sekadar foto koleksi pribadi. Jika kamu berkunjung kesini saat senja, jangan lupa untuk membuat foto siluet di bawah gapura. Meski tempat tersebut merupakan spot favorit sejuta umat, hasil gambarnya tak akan pernah mengecewakan.

Membuat Video Timelapse

Kalau kamu seorang youtubers atau suka menguplad video di instagram, tak ada salahnya kamu membuat video timelapse dari ketinggian Istana Ratu Boko. Waktu terbaik membuat timelapse tentu saja saat senja menjelang. Kamu bisa mengabadikan perubahan warna langit. Mulai dari awan putih yang berarak pelan, mentari yang tenggelam ke peraduan, hingga langit senja yang berubah warna. Jika kamu sabar, kamu bisa melanjutkannya dengan membidik kawasan perdesaan di kaki Merapi. Saat satu-persatu lampu rumah warga mulai menyala dan semua berubah menjadi lautan cahaya, itu adalah pemandangan yang sangat menggugah.

Mempelajari Candi dengan Sentuhan Hindu dan Budha

Bagi kamu pencinta sejarah dan bangunan bersejarah, Istana Ratu Boko merupakan salah satu tempat yang tak boleh terlewatkan dari daftar perjalananmu. Dari istana yang konon digunakan sebagai tempat ibadah tersebut, kamu bisa mempelajari bagaimana perkembangan Hindu dan Budha di tanah Jawa. Suatu Istana yang memiliki dua percampuran agama menjadi daya tarik lain jika belajar sejarah di sini.

Menonton Pertunjukan Sendratari Sumunaring Abhyagiri

Sendratari Sumunaring Abhyagiri merupakan pertunjukan drama tari kolosal nan megah dan bertempat di pelataran gerbang utama Istana Ratu Boko. Tarian ini menceritakan kisah keluarga kerajaan dan interaksi mereka dengan orang-orang lokal di Boko. Tarian yang dilakukan oleh ratusan penari tersebut bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai tradisional Jawa. Berhubung pagelaran sendratari Sumunaring Abhyagiri hanya dilangsungkan setahun sekali yakni di bulan Juni, maka jangan sampai terlewatkan.

Lokasi dan Akses Menuju Istana Ratu Boko

Kompleks Istana Ratu Boko terletak di Bukit Boko, di tepi jalan raya Prambanan – Piyungan atau detail alamatnya terletak diJalan Solo kilometer 17, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan. Jika kamu tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa mengunjungi Ratu Boko menggunakan shuttle bus yang disediakan oleh pengelola candi dengan cara membeli tiket terusan Candi Prambanan – Ratu Boko. Shuttle bus tersebut akan berangkat setiap 10 menit sekali dan pemberangkatan terakhir pada pukul 15.00 WIB. Untuk nformasi lebih lanjut mengenai tiket, shuttle bus, hingga pagelaran Sumunaring Abhyagiri bisa menghubungi nomor (0274) 496510. Untuk mencapai kawasan Prambanan sendiri kamu bisa menggunakan bus Tranjogja rute 1A dan 2A. Selain menggunakan shuttle bus, kamu juga bisa naik angkutan umum, ojek, atau delman dari Terminal Prambanan.

Demikian informasi tentang paket wisata Jogja Ratu Buko. Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil Jogja.

 

7. Candi Borobudur

Siapa si yang tidak tau candi Barobudur? Menjadi candi terbesar di dunia, jelas menjadikan candi ini sangat terkenal di Indonesia dan bahkan di dunia.

Tidak hanya besar, candi ini juga memiliki bangunan yang indah dan megah yang dapat membuat kagum setiap pasang mata. meskipun terletak di Megelang, tapi lokasi candi Borobudur tidak jauh dari kota Yogyakarta.

Mengenal Asal Usul Sejarah dan Kemegahannya Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang paling dikenal bahkan oleh masyarakat dunia. Bahkan popularitasnya melebihi kota Yogyakarta itu sendiri dan merupakan salah satu tempat paling menarik yang harus dikunjungi ketika sudah di Yogyakarta. Meski begitu, Candi Borobudur sendiri berada di Magelang, Jawa Tengah tepatnya di sebelah barat laut Yogyakarta. Merupakan Candi Buddha dengan bentuk stupa. Kita akan mengenal kemegahan Candi Borobudur yang dibangun dengan luas dasar 123×123 meter dan tinggi 42 meter ini.

Yang paling menarik dari Candi Borobudur, selain dari megah dan luasnya Candi ini, adalah mengenai danau purba yang masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Ada beberapa arkeolog yang beranggapan bahwa asal mula Candi Borobudur dibangun di atas sebuah danau sehingga menyerupai teratai. Jika bicara soal Candi yang pernah ditelantarkan selama berabad-abad ini memang akan mengundang decak kagum dan sejuta pertanyaan terkait misterinya. Ada berbagai fakta menarik ketika kita mengenal kemegahan Candi Borobudur yang pada tahun 1991 ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Apa saja itu?

Fakta Candi Borobudur

  1. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan ke-9. Jadi bangunan megah bersejarah ini telah ada 300 tahun sebelum Angkor Wat Kamboja dan 400 tahun sebelum bangunan-bangunan katedral di Eropa. Fantastik!
  2. Punya 2672 panel relief yang jika disusun berjajar maka akan mencapai panjang hingga 6 km, oleh karena itu merupakan ansambel relief Buddha yang paling lengkap di dunia dan merupakan mahakarya utuh.
  3. Candi Borobudur memiliki sekitar 100 talang air yang berbentuk ikan berkepala gajah. Dulunya jika air hujan melewati talang air ini yang disebut makara maka akan terbentuk seperti pancur yang menambah keindahan candi ini.
  4. Bangunan megah Borobudur terdiri dari sekitar 2 juta balok vulkanik yang saling mengunci rapat karena dipahat sedemikian rupa. Luar biasa.

Itu masih sebagian kecil dari kemegahan Candi Borobudur. Jika Anda membaca di Wikipedia, ada banyak lagi referensi dan berbagai perbincangan seputar informasi penting dan sejarah Candi Borobudur. Namun, pada kesempatan kali ini, kami senang menyajikan beberapa tips untuk menikmati dan mengenal kemegahan Candi Borobudur ketika berkunjung ke sini.

Wisata ke Candi Borobudur

Perjalanan dari kota Yogyakarta ke lokasi Candi Borobudur kurang lebih memakan waktu 2 jam, dengan harga tiket masuk sekitar Rp 25.000 untuk dewasa dan anak Rp 20.000. Setelah sampai dilokasi candi ada beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati diantaranya sebagai berikut.

a.      Borobudur Sunrise

Menikmati matahari terbit di Borobudur akan menjadi pengalaman yang berkesan dan menjadikan hari Anda sangat indah untuk dimulai dengan segera. Anda dapat merasakan pagi di pas di tengah-tengah Candi Borobudur, atau dapat menyaksikan Candi Borobudur ditutupi kabut dari kejauhan yaitu di Bukit Punthuk Setumbu. Bukit ini berada di ketinggian 400 meter dpl dan harus melewati hutan dan ladang.

b.      Borobudur Sunset

Pemandangan matahari terbenam di Candi Borobudur sangat menakjubkan, tak heran jika para Photographer nasional dan internasional sering datang kesini untuk hunting foto sunset terbaik di Borobudur.

c.       Belanja Souvenir

Pada saat ingin keluar menuju tempat parkir, anda harus melewati jalan keluar yang sudah diatur sedemikian rupa dimana terdiri atas banyak toko souvenir yang menjual berbagai hasil kerajinan khas Jogja dan Jawa Tengah seperti kain batik, patung, miniatur candi, patung kepala Budha, miniatur stupa, pernak-pernik dan masih banyak barang unik lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat.

Yang pasti akan semakin lengkap rasanya berada di Candi Borobudur jika Anda melangkah setapak demi setapak mengelilinginya. Pilihan lain adalah bersepeda sambil mengunjungi juga candi di sekitar Candi Borobudur yakni Candi Mendut dan Candi Pawon. Anda yang melakukan perjalanan wisata ke Borobudur bersama keluarga yang punya anak kecil dapat memilih alternatif mengelilingi Candi bersama Kereta Kelinci. Anak-anak pun tentu menyukainya.

Dengan begitu, perjalanan mengelilinginya tidak melelahkan, bayangkan saja kalau Anda bersama dengan anak-anak harus berjalan kaki mengelilingi bangunan seluas ratusan meter tentu bisa sangat melelahkan. Selain itu disekitar lokasi candi juga terdapat beberapa kuliner khas Jawa Tengah yang bisa Anda coba. Selamat berwisata ke Borobudur dan jika Anda membutuhkan rental mobil untuk berwisata ke Borobudur, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Peta Lokasi Candi Borobudur

Alamat: Borobudur, Magelang, Indonesia. Klik Maps

8. Lava Tour Merapi

Jangan salah, di jogja ada salah satu tempat wisata yang cukup menantang. Ya, Lava tour Merapi merupakan tour yang mengajak para wisatawan untuk menyusuri bekas aliran lahar pasca letusan gunung merapi.

Saat melakukan tour ini, ada baiknya wisatawan menggunakan masker dan baju yang nyaman, hal ini karena gunung merapi penuh lahan gersang dan minim pohon.

Apakah Anda tahu di manakah letak wisata lava tour Merapi? Tentunya di Yogjakarta guys.  Wisata Lava Tour Merapi ini bisa menjadi salah satu pilihan aktivitas wisata ketika berlibur di Yogyakarta.

Lava Tour Merapi adalah istilah untuk tur wisata kawasan terdampak erupsi Gunung Merapi tahun 2010. Tur yang dimaksud saat ini merupakan tur menggunakan mobil jenis jeep. Kegiatan tur meliputi kunjungan ke sejumlah titik yang terkena dampak langsung erupsi. Ya, lava tour Merapi merupakan alternatif liburan yang tidak biasa. Dari namanya saja mungkin sudah memunculkan tanda tanya. Sudahkah mengumpulkan keberanian untuk mencobanya?

Tarif Paket Lava Tour Merapi

Lava tour Merapi ini ditawarkan sebagai aneka pilihan paket wisata Jogja. Paket-paket ini dibanderol dengan harga yang beragam. Setiap paket sudah termasuk tiket masuk untuk sejumlah titik pemberhentian. Paket wisata ini bisa menampung rombongan, sehingga cocok untuk dijajal sebagai liburan keluarga atau bersama teman.

  1. Sunrise Trip (4 Orang), 3 jam . Rp. 450.000 /Jeep.
  2. Short Trip (4 Orang), 1-1,5 jam. Rp350.000 /Jeep.
  3. Medium Trip (4 Orang), 2 jam, Rp. 450.000 /Jeep.
  4. Long Trip (4 Orang), 2-2,5 jam. Rp. 550.000 /Jeep.
  5. Super Long Trip (4 Orang), 3-3,5 Jam. Rp650.000/Jeep.

Jam Operasional

Paket Wisata Jogja lava tour Merapi ini dimulai sejak dini hari hingga menjelang sore. Waktu terbaik untuk menyaksikan pemandangan adalah ketika musim kemarau. Wisata dibuka setiap hari dan selalu ramai dipesan saat masa liburan. Namun, perlu diperhatikan bahwa paket wisata ini juga bergantung pada kondisi dan status Gunung Merapi. Jika Merapi sedang aktif, biasanya wisata akan ditutup untuk sementara hingga kondisi aman.

9. Ketep Pass

Untuk wisatawan yang menyukai wisata alam, maka ada baiknya mengunjungi ketep Pass Jogja. Di tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan lima gunung sekaligus, mulai dari Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Slamte, serta Gunung Sindoro. tidak hanya itu saja, ketep Pass juga memiliki banyak tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak.

Ketep Pass merupakan salah satu wisata jogja yang ada di Magelang. Dari tempat ini pengunjung bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu pemandangan yang bisa diamati dari area wisata ini adalah Gunung Merapi.

Berada pada diantara gunung Merapi dan Merbabu. Paket wisata Jogja yang satu ini menawarkan beberapa keindahan yang tiada duanya. Bahkan dari gadu pandang tempat wisata ini, pengunjung bisa melihat puncak 4 gunung. Yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro dan Sumbing.

Harga Tiket Masuk Ketep Pass

Anda bisa masuk ke wisata Jogja ini hanya dengan tiket masuk murah. Berikut biaya masuk untuk wisatawan lokal dan mancanegara serta tiket penggunaan fasilitas di Ketep Pass.

  • Selasa-Sabtu, Rp. 10.500.
  • Minggu & Hari Libur, Rp. 12.500.
  • Volcano Theater (Bioskop Mini), Rp. 9.000.
  • Penggunaan Teropong, Rp. 5.000

Jam Buka Ketep Pass Magelang

Objek wisata ini bisa dikunjungi setiap hari, buka dari pagi hingga sore hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan.

  • Selasa-Jumat 00 – 16.00.
  • Sabtu-Minggu 00 – 17.00.

Aktivitas Wisata di Ketep Pass Magelang

Panorama keindahan puncak pegunungan tentu menjadi hiburan utama wisatawan yang datang ke sini. Selain tentu saja kesejukan udara dan keindahan alam kawasan wisata serta beragam aktivitas. Berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini dalah satunya adalah puncak 5 Gunung, Maket Gunung museum volkanologi, Sunrise & Sunset di Ketep Pass, sunrise di gunung merapi, Berpiknik & Bermain Playground, dan Meditasi.

Lokasi Ketep Pass Magelang

Paket wisata Jogja ketep pass ini berada di Jl. Blabak-Boyolali KM. 16, Ketep Pass, Ketep, Sawangan, Magelang. Untuk informasi lebih lanjut, misalnya terkait tiket masuk, bisa menghubungi 0811-2640-046. Atau hubungi 081-802-743-722.

10. Kaliurang

Tak hanya Ketep Pass saja, di Kaliurang juga menawartan banyak tempat wisata alam yang tak kalah menariknya. Salah satunya adalah Tlogo Putri Kaliurang, di tempat ini para wisatawan bisa menikmati berbagai permainan, mulai dari jungkat-jungkit, bianglala, sampai flaying fox.

Tak heran jika Tlogo Putri Kaliurang menjadi tempat yang cocok untuk dinikmati bersama seluruh anggota keluarga.

11. Ulen Sentalu Museum

Museum satu ini memiliki aura mistis yang kuat, dan ditambah lagi museum ini bisa dikatakan sebagai museum yang anti maenstrim, sebab di museum ini wisatawan tidak akan menemukan lebel-lebel penjelasan dari benda-benda koleksi yang ditampilkan.

Selain itu museum ini memiliki sistem living museum, yang artinya museum yang selalu merubah susunan displaynya dalam kurun waktu tertentu.

12. Kalibiru

di Kalibiru inilah jogja menyuguhkan paronama keindahan alam lainya. Menikmati hamparan alam yang hijau nan asri, apalagi jika datang ke Kalibiru ketika sore hari sambil memandang matahari terbenang, jelas akan menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Tak hanya berhenti di situ saja, bermain flaying fox juga merupakan salah satu cara untuk menikmati keindahan alam Kalibiru.

13. Hutan Mangrove

Wisata alam jogja yang mempesona, membuat banyak wisatawan yang ketagihan untuk datang ke Jogja lagi dan lagi. Hutan mangrove Kulon Progo, bisa saja menjadi salah satu tempat wisata yang membuat wisatawan ketagihan untuk selalu datang ke Jogja.

Banyak spot-spot foto menarik di kawasan Hutan Mangrove ini, jadi selalu siapkan kamera untuk mengabadikan kenangan di tempat ini.

14. Pantai Congot

Bukan menjadi rahasia lagi, jika Jogja memiliki pantai-pantai yang mempesona. Meskipun pantai Congot memiliki pasir hitam, tapi tetap saja pantai ini tak kalah menariknya dari pantai-pantai pasir putih di Jogja lainya.

Selain mempesona, di sekitar pantai juga terdaat tempat-tempat kuliner yang dapat memanjakan lidah para wisatwan. pantai ini berlokasi tidak jauh dari hutan mangrove Kulon Progo.

15. Pantai Glagah

Selain pantai Congot ada lagi pantai yang tak kalah menariknya yaitu, pantai Glagah. Pantai glagah merupakan pantai yang memiliki ombak cukup besar.

Ciri khas menarik lainya dari pantai ini adalah jalan setapak yang dikelilingi oleh tetrapod. Selain sebagai jalan setapak tetrapod ini juga banyak dimanfaatkan untuk tempat memancing sambil menikmati pesona laut Gladah.

16. Gumuk Pasir Parangkusumo

Jogja, kota yang tak habis membuat kagum. Gumuk Pasir Parangkusumo merupaka salah satu tempat wisata yang akan membuat kagum setiap pasang mata.

Gumuk pasir ini seolah-olah membawa para wisatwan sedang berlibur di timur tengah, lho. Hampara pasir yang luas dan spot-spot foto yang menarik, pastinya akan membuat siapa saja enggan untuk berpaling dari tempat ini.

17. Candi Mendut

Tak hanya Candi Prambanan atau candi Borobudur saja yang menarik dikunjungi. Candi Mendut pun menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sama halnya dangan Candi borobudor, Candi Mendut juga terlatak di Kabupaten Magelang, tetapi loksinya tidak jauh dari Jogja, jadi tak ada salahnya mengunjungi candi ini ketika sedang berwisata di Yogyakarta.

18. Candi Pawon

Masih di Kabupaten Magelang, ada Candi Pawon yang lokasinya tidak jauh dari kota Jogja. Salah satu daya tarik dari candi ini adalah relief yang menghiasi dinding-dinding luar candi Pawon, relief tersebut menggambarkan pohon hayati yang diapit oleh pundi-pundi dan kinara-kinara ( mahluk berkepala manusia tetapi berbadan burung). Jadi mari datang ke Candi Pawon.

19. Jogja City Tour

Pastinya akan sangat seru jika dapat mengelilingi kota Yogyakarta. Untuk dapat mengelilingi kota Jogja sambil menikmati keindahan kota Jogja, maka ada baiknya mengambil paket Jogja City Tour.

Nah, dalam tour ini biasanya para wisatawan akan diajak berkeliling kota Jogja sesuai dengan rute wisata yang diambil, mulai dari Keraton Jogja, pantai, dan segala tempat wisata di Jogja.

20. Air Terjun Sri Gethuk

Wisata air di jogja tak hanya berupa pantainya saja, ada juga Air Terjun Sri Ghetuk yang menjadi salah satu wisata air di Jogja. Air terjun ini memiliki keidahahan alam yang tak bisa begitu saja dilupakan.

Tempat ini dikelola secara sederhana oleh warga sekitar, tapi jangan salah tempat ini tetap menjunjung kualitas.

21. Cave Tubing Gua Pindul

Ingin sensasi beda saat berkunjung ke Jogja? Cave tubing Gua Pindul bisa jadi salah satu solusinya.

Tempat wisata ini menawarkan kepada para wisatwan untuk menjelajahi gua dengan ban, dan tenang saja semua peralatan untuk menjelajahi gua sudah disediakan oleh pengelola.

Dijamin deh wisata ini akan memberikan pengalaman yang berbeda ketika pergi ke Jogja.

22. Pantai Timang

Kembali lagi ke wisata pantai, ada pantai timang yang bisa dikunjungi saat ke Yogyakarta. Pantai ini menjadia pantai terbesar di Gunungkidul.

Pantai ini memiliki pemandangan yang menawan serta hamparan pasir putih yang bersih. Tapi untuk dapat menikmati semua pesona indah dari pantai ini, wisatawan harus melalui medan perjalanan yang menantang.

23. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti bisa disebut sebagai pantai yang paling populer di Jogja. Pantai ini juga menawarkan keindahan laut biru dan hamparan pasir putih nan bersih.

Yang tak kalah mempesonanya dari pantai yang satu ini adalah keidahan sunset yang sangat memukau mata. Di pantai ini juga ada tebing yang mempermudah para wisatawan melihat pemandangan pantai dengan jelas.

24. Bukit Bintang

Ada tempat nongkrong yang unik di Jogja, lho. Ya, tempat nongkrong unik ini biasa di sebut bukit bintang.

Bukit ini terletak di tepi jalan. Saat di bukit ini memberikan suasana sedang memandang bintang-bintang, padahal bukan bintang yang sedang dipandang, tapi landscape kota jogja dengan kerlap-kerlip lampunya. Inilah letak uniknya bukit bintang.

25. Kebun Buah Mangunan

Bukan jogja namanya jika tak memberikan rasa kagum. Kebun Buah Mangunan merupakan salah satu sumber rasa kagum di Jogja, bagaimana tidak, tempat ini berada di ketinggian sekitar 200 mdpl, yang menjadikan tempat ini dijuluki negeri di atas awan. Mungkin tak akan ada wisatawan yang tak terpesona dengan keindahan tempat ini.

26. Hutan Pinus Mangunan

Bongkahan indah kota Jogja bisa ditemukan di setiap sudut kota ini. salah satu bongkahan keidahan kota Jogja yang dapat dinikmati oleh kedua mata adalah hutan Pinus Mangunan.

Keidahan di hutan ini memang jangan diragukan lagi, bahkan keidahanya tidak akan pudar meski di malam hari. Di malam hari hutan ini menyuguhkan pemandangan indahnya kota jogja dengan gemerlap lampunya.

27. Pantai Parangtritis

Ada pantai parangtritis yang tak pernah kehilangan pesonanya, ya meskipun di pantai ini pengunjung dilarang berenang. Tapi bukan berarti tak ada cara untuk bersenang-senang di pantai ini.

Menyewa dan menaiki ATV merupakan salah satu cara bersenang-senang untuk para pengunjung pantai ini, atau bersenang-senang dengan sekedar menikmati keidahan sunset di pantai ini, jelas itu bukan suatu masalah.

28. Dataran Tinggi Dieng

Banyak yang menjuluki dataran tinggi dieng sebagai salah satu bongkahan surga. hal ini karena dataran tinggi dieng memang benar-benar indah dan mengagumkan.

Di dataran tinggi dieng juga terdapat bermacam-macam objek wisata yang dapat dikunjungi, mulai dari telaga, candi, bukit, kawah semuanya itu akan sagnat seru untuk dikunjungi. jangan lupa untuk memakai baju hangat saat mengunjungi tempat ini.

Dataran Tinggi Dieng merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi saat liburan. Kawasan wisata ini masuk di wilayah Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tepatnya terletak di sebelah barat kompleks Gunung Sindro dan Gunung Sumbing. Tidak hanya menyejukkan tubuh, kawasan wisata ini juga dapat menyejukkan hati, mata, dan pikiran. Pemandangan indah yang ciamik disuguhkan oleh Tuhan kepada para penikmat wisata ini. Kawasan wisata ini cocok untuk dinikmati sendirian maupun bersama teman, keluarga, atau orang terkasih.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke kawasan wisata ini sangat terjangkau lho, hanya Rp 10.000,00. Jika kamu ingin menjelajahi kawasan lebih lanjut atau melakukan aktivitas di area sekitar dieng, maka kamu cukup membayar Rp 5.000,00 sampai Rp 20.000,00 saja. Murah kan? Jika kamu ingin memilih paket trip ke Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau, maka kamu bisa memilih beberapa paket yang telah disediakan.

Paket pertama yang bisa kamu pilih jika kamu ingin hemat berwisata ke wisata ini adalah Paket Open Trip Dieng Midnight. Paket yang murah meriah ini berangkat setiap hari Minggu dan tanggal Merah. Tentu saja kamu bisa memanfaatkan ini untuk liburan sejenak dari rutinitas sehari-hari. Paket ini bisa dijangkau dengan harga muali dari Rp 200.000,00 untuk perorangnya. Paling mahal hanya mencapai Rp 750.000,00. Tentu saja ini sebanding karena kamu bisa mengunjungi 12 destinasi wisata Dieng.

Paket kedua, adalah paket yang tergolong sedang namun lengkap. Yaitu Paket trip di Dataran Tinggi Dieng yang bernama Paket Dieng Sunrise Sikunir 1 Hari. Paket ini tersedia dengan beberapa destinasi yaitu Sunrise Sikunir, Dieng Plateau Theater, Telaga Cebong, Batu Ratapan Angin, Candi Arjuna, Telaga Warna dan Kawah Sikidang. Pada paket Paket Dieng Sunrise Sikunir 1 Hari, kamu akan mendapatkan fasilitas shuttle bus, makan 2x dengan menu prasmanan, tiket menuju objek wisata, serta ada tour guidenya lho. Trip ini mulai dari Wonosobo pukul 03.00 WIB. Jika kamu berminat kamu bisa menghubungi CV. DIENG PLATEAU TOUR. Paket ini dapat diraih dengan harga Rp 190.000,00 – Rp 450.000,00.

Paket ketiga yang bisa dipilih adalah paket Backpacker Dieng 2D/1N. Paket trip dua hari satu malam di Dataran Tinggi Dieng ini hemat banget lho. Karena harganya juga cuma Rp 750.000,00. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menjelajahi dan berpetualang di destinasi-destinasi terbaik di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng yang mencapai 2000 mdpl.

Paket keempat, yaitu hampir sama dengan paket yang ketiga. Hanya saja paket ini lebih premium. Nama paketnya adalah Trip Dieng 2 Hari 1 Malam. Selain mengunjungi destinasi-destinasi favorit di Dataran Tinggi Dieng seperti Telaga Menjer, Telaga Warna, Batu Pandang, Sunrise Sikunir, Kawah Sikidang, Dieng Theater, Candi Dieng, dan Dieng Theater, kamu bisa mendapatkan fasilitas lainnya lho. Seperti homestay yang nyaman, transportasi, makan 4x, ada local guide, dan tentunya tiket menuju destinasi-destinasi tersebut. Kamu hanya perlu merogoh kocek seharga Rp 510.000,00 – Rp 1.650.000,00.

Paket kelima yang tergolong Premium untuk berwisata di Dataran Tinggi Dieng adalah paket Trip Dieng 3 Hari 2 Malam. Paket ini tersedia dengan harga Rp 880.000,00 – Rp 2.450.000,00. Fasilitas yang akan kamu dapatkan antara lain homestay untuk 2 malam, makan sebanyak 7x, transportasi beserta BBM, private tour, local guide, dan tiket menuju destinasi. Destinasi yang dikunjungi antara lain Gardu Pandang Tieng, Bima Lukar, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Museum, Dieng Theater, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Gua alam, Sunirse Sikunir, Telaga Cebong, Bukit Sidengkeng, Telaga Merdada, Sumur Jalatunda, Kebun Teh, dan Telaga Menjer. Hayo tertarik yang mana? Tentukan pilihanmu sekarang untuk mengisi liburanmu di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng ya.