Objek Wisata Jogja Murah Hanya di Malioboro

Menjadi salah satu tempat wisata Jogja yang unik, tentunya wisata Jogja malioboro menjadi tempat yang tidak akan pernah sepi wisatawan. Di kawasan Malioboro ini banyak sekali spot-spot foto yang instagramable, cocok sekali bagi wisatawan yang memang memburu tempat foto yang menarik. Saat malam hari, maliobor juga tidak hilang pesonanya, malah saat malam hari banyak juga musisi yang unjuk keboehanya.

Berkunjung ke Jogja tidak akan lengkap rasanya kalau tidak menyempatkan mampir ke Malioboro Jogja. Ini adalah kawasan yang bisa dibilang sebagai jantungnya kota Yogyakarta. Malioboro adalah kawasan belanja legendaris dan penuh sejarah.  Di sekelilingnya juga terdapat banyak destinasi wisata yang jaraknya tak begitu jauh. Tak heran jika tempat ini selalu masuk dalam daftar kunjungan kala melancong ke Jogja.

Asal Muasal Malioboro Jogja

Menurut sejarah Malioboro Jogja mulai beroperasi pada awal abad ke-19. Saat itu pemerintahan yang bernaung menginginkan adanya tempat untuk terus memutar roda perekonomian. Sampai sekarang, jika dilihat sekilas sebenarnya Malioboro Jogja hanyalah sebuah jalan. Namun, aktivitas perekonomian sangat kentara di kiri dan kanannya. Mulai dari pedagang tradisional, toko-toko kecil hingga pusat perbelanjaan modern ada di sana.

Lokasi Jalan Malioboro

Jalan Wisata Jogja Malioboro terletak di tengah-tengah Yogyakarta, sehingga mudah dijangkau dari arah manapun. Tepatnya ada di sebelah selatan Stasiun KA Tugu Yogyakarta dan sebelah utara Kraton Yogyakarta. Alamat lengkapnya berada di Jalan Malioboro, Gedongtengen, Yogyakarta, DIY.

Rute Menuju Malioboro

Kawasan belanja Malioboro secara keseluruhan terdiri dari tiga jalur utama. Selain Jalan Malioboro, kawasan ini juga mencakup Jalan Margo Utomo dan Margo Mulyo. Di sekitar jalan-jalan tersebut banyak tempat parkir umum dan hotel atau penginapan yang memudahkan akses menuju ke sana. Jika naik kereta, dari arah Stasiun Tugu Anda hanya tinggal berjalan kaki menyeberangi rel untuk menuju Malioboro.

Ada Apa Saja di Malioboro?

Keistimewaan Malioboro adalah para penjaja pernak-pernik khas Jogja seperti kaos, batik, gantungan kunci, dan lain-lain. Toko oleh-oleh makanan khas juga tak ketinggalan, bakpia pathok dan yangko misalnya. Saran untuk Anda saat berbelanja di Malioboro adalah hati-hati gelap mata. Sebab di sana harga yang ditawarkan relatif murah daripada di tempat lain. Kalau punya kemampuan menawar harga, tentu itu akan jadi nilai plus untuk Anda.

·         Kuliner di Malioboro Jogja

Wisata kuliner di Malioboro juga tak bisa dikesampingkan, apalagi saat malam tiba. Sebelum masa pandemi Covid-19, kawasan ini tak pernah sepi pengunjung hingga menjelang larut malam. Dari satu warung ke warung makan lainnya seolah tak ada jarak. Anda bisa menikmati makan lesehan beralas tikar sambil bersenda gurau bersama kerabat. Kuliner khas di sana antara lain pecel, gudeg atau makanan-makanan dengan sambal dan lalapannya. Hiburannya pun murah meriah tetapi tetap menyenangkan, yaitu mendengarkan musisi jalanan beraksi.

·         Fasilitas yang Lengkap

Terakhir, Malioboro juga merupakan tempat yang terintegrasi dengan baik dan punya fasilitas cukup lengkap. Anda tidak perlu bingung mencari ATM, tempat ibadah, area parkir, pusat informasi, dan sebagainya. Akomodasi dari dan ke Malioboro juga dipermudah dengan berdirinya hotel-hotel besar di sekitar kawasan. Lantaran areanya yang tidak terlalu jauh, maka dari satu tempat ke tempat lain Anda bisa menempuhnya dengan naik becak. Ini adalah transportasi umum tradisional yang masih digunakan di sana.

Harga Tiket dan Parkir

Seperti yang Anda kira, Malioboro tidaklah seperti tempat wisata karena ini hanya kawasan belanja. Jadi tidak ada loket tiket untuk masuk alias gratis. Jika Anda membawa kendaraan roda dua maupun roda empat, biaya parkirnya pun masih terbilang murah. Biasanya sepeda motor dikenai biaya Rp. 2.000 dan mobil pribadi Rp. 5.000. Kendaraan diparkir di kawasan Sentra Parking Abu Bakar Ali, tepat di ujung Jalan Malioboro. Sudah rindu dengan Jogja? Kalau begitu, saat liburan ke Yogyakarta nanti jangan lupa untuk mampir ke Malioboro Jogja.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *