Wisata Jogja Cave Tubing Gua Pindul

Paket Wisata Jogja Cave Tubing Gua Pindul, Harga Tiket, dan Rute Lokasi

Sungai bawah tanah yang berwarna kehijau-hijauan,  adalah:  keistimewaan yang dimiliki oleh wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta. Tidak salah kalau kemudian,  goa Pindul menjadi salah satu destinasi wisata favorit traveler nusantara ataupun mancanegara.

Wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta, salah satu dari deretan obyek wisata di Yogyakarta  yang berlokasi di Desa Gelaran2, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya sebelah timur kota Yogyakarta

Sejarah

Gua Pindul telah terbentuk sejak ratusan tahun yang lalu dan awalnya tempat ini sebagai lokasi mandi, hingga memancing, alasannya airnya bersih dan jernih dengan ikan-ikannya yang banyak. Wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta yang memiliki panjang 350 meter ini dibangun oleh masyarakat setempat tahun 2010, tetapi baru populer dikalangan wisatawan ditahun 2014.

Cara menikmati keindahan  wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta yaitu: petualangan menelusuri  sungai di sepanjang lorong dalam gua. Dari sini wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas mulai dari cave tubing di gua Pindul, susur gua Sriti, wisata off  road, susur gua Tanding, hingga kegiatan outbound. Sebelum melakukan susur gua guide  ada training dan memberi informasi bagaimana cara aman selama perjalanan berlangsung.

  • Cave Tubing Pindul  di Tiga Zona

Cave Tubing menjadi cara lain menikmati keindahan gua Pindul dengan tiga zona. Kegiatan cave tubing hampir mirip rafting atau arum jeram keduanya sama-sama melakukan kegiatan menelusuri sungai. Bedanya rafting menggunakan perahu, sedangkan cave tubing  selama 45 menit menggunakan ban dalam besar.

Air dalam gua yang tenang bisa dilakukan siapapun, termasuk pemula. Saat menelusuri gua Pindul dalam kegiatan cave tubing wisatan melewati 3 zona. Cave tubing diawali masuk wilayah  zona terang, lalu masuk area

zona remang wisatawan bisa melihat indahnya stalaktit perkasa dan stalakmit mutiara. Memasuki di tengah-tengah wisatawan menjumpai  zona gelap yang paling sempit.

Di zona gelap wisatawan dapat melihat indahnya stalaktit berukuran besar  7 meter yang disebut soko guru. Soko guru tersebut sebagai tiang penyangga kedua bukit berada di atas gua Pindul. Zona kelelawar, yang disebut zona terpanjang di goa Pindul, yang banyak kelelawar kerdil tinggal di sini.

Kelelawar kerdil di goa Pindul cukup jinak tidak pernah menyerang manusia. Kelelawar jenis ini yang biasa disebut kampret, termasuk hewan pemakan serangga atau nyamuk. Di zona kelelawar wisatawan bisa melihat batu teratai yang terlihat kerlap-kerlip cahaya batu kristal dibalik batu ini.

Sebelum masuk sampai finish penyusuran wisatawan akan melihat cahaya nampak dari atas. Cara melihat seperti ini wisatawan berkunjung ke gua pindul sekitar jam 10-12 siang saat cuaca cerah. Setelah puas aktivitas di gua Pindul naik ban menuju finish. Finish gua Pindul   oleh masyarakat sekitar dikenal dengan Banyu Moto atau Mata Air.

  • River Tubing

River Tubing, cara lain menikmati keindahan sungai Oyo. Sungai ini masih berada sekitar  gua Pindul memiliki panjang 1500 meter. River tubing cara mainnya seperti cave tubing menelusuri sungai menggunakan ban dalam. Dari sini wisatawan dapat melihat keindahan deretan tebing-tebing di sepanjang aliran sungai antara 7-11 meter.

Wisatawan tidak perlu takut menyusuri goa Pindul, karena  dibekali peralatan rompi pelampung dan seorang pemandu atau guide. Guide ini berasal dari penduduk sekitar Pindul yang cukup berpengalaman

  • Stalaktit dan Stalagmit yang Unik

Sensasi keindahan lain dari Wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta, adalah stalaktit yang menyatu dengan stalakmit terukir indah di dinding  langit-langit gua Pindul. Dari perpaduan stalaktit dan Stalakmit menciptakan sebuah pilar berukuran lebar. Terbentuknya stalaktit dan stalakmit dari proses alami membuat sensasi tersendiri.

Ukurannya yang tidak biasa, membuat stalaktit dan stalakmit disebut menjadi  yang terbesar di dunia. Di tengah-tengah gua dijumpai tiang gua yang menyisakan sebuah lubang kecil hanya cukup dilewati 1 orang saja. Deretan  ornamen  dan mata kristal kelelawar yang bergelantungan  menghiasi sepanjang dinding  dan lorong gua menjadi keistimewaan, keindahan tersendiri bagi gua Pindul.

Harga tiket wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta

Tiket masuk di wisata ini Rp 10.000, ke Goa Pindul Rp 40.000, River  Tubing Rp 60.000.

Lokasi & Rute

Adapun lokasinya berada di Dusun  Gelaran2, RT003/RW016, Seropan, Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Gua Gunung Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Rute menuju lokasi Gua Gunung Pindul  dari Yogyakarta jalan searah ke  Bukit Bintang. Lalu jalan terus sampai melewati hutan Tleseh dan akan menemui pertigaan Gading.

Jalan terus ke Wonosari sampai di tugu batas kota. Dari tugu ini akan melihat Bunderan Sinoyo baru jalan menuju goa Pindul mengikuti petunjuk jalan. Itulah informasi wisata Cave Tubing Gua Pindul Yogyakarta yang bisa rekomendasi dan alternatif wisata ketika berkunjung ke Gunung Kidul, Yogyakarta.

Fasilitas

Fasilitas yang dimiliki Wisata Jogja Cave Tubing Gua Pindul, yaitu: jaket  pelampung hingga ban tubing. Tidak hanya itu, wisatawan selama di basecamp bisa menikmati dengan nyaman, free wedang pindul dan free wifi hospot. Selain itu, fasilitas parkir juga cukup luas dengan kapasitas 30 unit bus, area parkir mobil 50 unit, dan area parkir motor yang disediakan khusus dalam ruangan.

Jika Anda ingin berwisata ke Destinasi Wisata Jogja Cave Tubing Gua Pindul ini. Wicandra Group sebagai salah satu jasa sewa mobil Jogja & Paket wisata Jogja siap mengantarkan Anda. Bersama kami, liburan Jogja Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Anda bisa langsung Hubungi Kami di 0811-390-317.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *